Politik

Anggota DPR-RI Ini Serahkan 2.500 Sertifikat Tanah di Tujuh Desa Luwu Utara

ONLINELUWURAYA.COM,LUTRA —  Anggota DPR-RI asal Partai Nasdem, Luthfi Andi Mutty, menyerahkan 2.500 sertifikat tanah kepada masyarakat yang tersebar di tujuh desa/kelurahan, Selasa (27/2), di Aula La Galigo Kantor Bupati. Tujuh desa/kelurahan itu masing-masing Desa Hasanah dan Tarra Tallu di Kecamatan Mappedeceng; Desa Sukamukti Kecamatan Sukamaju; Desa Baebunta dan Mukti Tama Kecamatan Baebunta; serta Kelurahan Bonebone dan Desa Muktisari Kecamatan Bonebone. Penyerahan sertifikat tanah ini merupakan penyerahan tahap II. Sebelumnya penyerahan tahap I sebanyak 500 sertifikat.

Luthfi Andi Mutty dalam sambutannya menyebutkan ada tiga tujuan diberikannya sertifikat tanah kepada masyarakat. “Pensertifikatan tanah dimaksudkan untuk mengurangi konflik pertanahan. Dengan adanya sertifikat ini diharapkan konflik tanah bisa berkurang. Tujuan kedua untuk meningkatkan kesejahteraan. Kenapa pemerintah mau melakukan ini karena pemerintah mau mengurangi tingkat kesenjangan. Sementara tujuan ketiga adalah dalam rangka memperlancar proses pembangunan,” ujar Luthfi menjelaskan saat memberikan sambutan di Acara Penyerahan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Luthfi berharap, dengan adanya aset yang dimiliki masyarakat berupa sertifikat tanah, maka diharapkan masyarakat mampu memanfaatkan aset tersebut dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. “Manfaatkan sertifikat ini dengan baik. Nanti kalau terima sertifikat ini langsung titip di bank, jangan simpan di dalam lemari, nanti dimakan rayap. Disimpan di bank untuk dijadikan modal usaha. Manfaatkan aset ini untuk meningkatkan kesejahteraan. Aset itu jalan menuju kesejahteraan,” papar Luthfi.

Sementara itu, Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra, Andi Sarappi dalam sambutannya mengatakan, pemerintah daerah siap membantu masyarakat jika ada masyarakat yang mengalami masalah untuk akses masuk ke bank. “Pemerintah siap membantu masyarakat jika dalam perjalanannya nanti mengalami masalah dalam pengurusan akses ke perbankan. Semoga program ini mampu menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat,” pungkas Andi Sarappi yang juga Kepala Bagian Kesra Setdakab Luwu Utara. Penyerahan sertifikt tanah ini juga dihadiri dan disaksikan langsung Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Luwu Utara, Achmad Ridha.(AY)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top