Sulsel

Bangun Keluarga Sejahtera, Dinas Pemberdayaan Perempuan Lutra Gelar Penyuluhan IRT

ONLINELUWURAYA.COM, LUTRA — Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Luwu Utara menggelar Penyuluhan Bagi Ibu Rumah Tangga Dalam Membangun Keluarga Sejahtera di Kab. Luwu Utara (Rabu, 03/07/19) di Aula Hotel Remaja Indah Masamba.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Luwu Utara Muh. Thahar Rum, Kepala Bidang Ketahanan Keluarga Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan Febriani, SKM. M. Kes dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Luwu Utara dr. Hj. Nurhusnah, M. Kes

Wakil Bupati Luwu Utara Muh. Thahar Rum dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program peningkatan kualitas ketahanan keluarga sehingga keluarga mempunyai kemampuan mengelola sumber daya dan masalah yang dihadapi dalam keluarga untuk menciptakan keluarga sejahtera.

“Saya tekankan jangan menganggap materi bukan hal utama dalam menciptakan kesejahteraan keluarga, banyak faktor yg harus kita ciptakan sehingga rumah kita menjadi tempat yang paling indah untuk berteduh bukan dari aspek fisiknya tetapi bagaimana keluarga dan anggotanya mengelola keluarga yang harmonis sehingga tercipta rasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Selain itu, ada 8 fungsi keluarga yang dapat menciptakan ketahanan keluarga apabila dilaksanakan secara serasi, selaras dan seimbang yaitu fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi melindungi, fungsi reproduksi, fungsi sosial dan pendidikan, fungsi ekonomi serta fungsi pembinaan lingkungan.

“Saya mengajak kepada kita semua untuk dapat mengevaluasi keluarga kita, dengan menjalin keakraban antar suami istri menuju kualitas perkawinan yang baik, orang tua yang mengajar dan melatih anak untuk mentaati dan menghormatinya dan saya berharap bahwa dalam mengelola rumah tangga perlu ada saling pengertian, kerjasama, saling menghargai, adanya keterbukaan dan saling menyayangi,” tutur Thahar.

Sementara itu, Kadis P2PA Kab. Luwu Utara dr. Hj. Nurhusnah dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan agar mampu mandiri, perempuan harus mempunyai skill untuk bekerja agar dapat sejajar dengan laki-laki dan mampu memaksimalkan kemampuannya dalam pembentukan karakter dalam rumah tangga.

“Saya berharap melalui kegiatan ini perempuan mampu memberikan dampak positif sehingga terjadi transformasi terhadap paradigma serta pencerahan untuk perkembangan ibu rumah tangga dalam membangun keluarga sejahtera khususnya para perempuan yang ada dikabupaten luwu utara,” ujar dr. H. Nurhusnah

Untuk peserta pada kegiatan ini sebanyak 40 orang terdiri dari ketua tim penggerak PKK Desa, ibu rumah tangga keluarga rentan dari 3 desa yaitu desa wonokerto, desa sukaraya dan desa mario. (Hms)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top