Politik

Bawaslu Palopo Larang Keras Bacaleg Sosialisasi di Luar Jadwal Kampanye

ONLINELUWURAYA.COM,PALOPO — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palopo keluarkan himbauan keras kepada partai politik khususnya bakal calon anggota legislatif (Bacaleg)DPRD Kab/Kota,Provinsi dan Pusat,Selasa (21/8/2018)

Bacaleg dilarang memasang iklan citra diri dalam bentuk apa pun

“Sahabat-sahabat Bawaslu. Disampaikan agar menginventarisasi semua benner-benner, sticker, baliho, dan lain-lain yang diindikasian masuk kategori pelanggaran sebelum masuk tahapan kampanye dan dituangkan ke dalam form A pengawasan, trus dikaji unsur-unsurnya. Kalau terpenuhi unsurnya, segera undang klarifikasi,” imbau anggota Bawaslu Kota Palopo, Asbudi Dwi Saputra kepada Panwascam agar segera ditindak lanjuti, Selasa (21/8/18).

Katanya, belakangan ini marak dilakukan Bacaleg memasang iklan ucapan hari nasional dan ucapan hari raya. Padahal, hal itu dilarang karena masuk kategori citra diri. Meskipun di iklan itu tidak dituliskan keterangan bakal calon legislatifnya. Sebab, posisi Bacaleg berbeda dengan masyarakat umum. Para Bacaleg sudah terikat karena telah ikut tahapan Pemilu melalui ditetapkannya dalam DCS.

“Jauh hari sebelumnya kami juga sudah menyampaikan hal ini melalui persuratan ke segenap partai politik. Diharapkan, disampaikan kepada para Bacaleg Parpol,” tegasnya.

Larangan memasang iklan citra diri bagi Bacaleg dituangkan dalam Pasal 1 nomor 35 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017. Dalam aturan itu, ancamannya cukup jelas yakni pidana penjara maksimal 12 bulan dan atau denda 12 juta rupiah. (AL)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top