Ekonomi

Camat Masamba Nasabah Pertama Bank Sampah di Luwu Utara

ONLINELUWURAYA.COM, MASAMBA — Camat Masamba, Ari Setiawan, menjadi nasabah pertama Bank Sampah Pemda Lutra, di luar lingkup Dinas Lingkungan Hidup tentunya. Dengan membawa sekarung sampah, kebanyakan botol plastik dan kardus/karton, Ari menimbang sampah yang ia bawa langsung dari Rujab Camat, Sabtu (21/9/2019) kemarin, dengan total timbangan 4 kg.

“Saya mengajak masyarakat lainnya menabung di Bank Sampah milik Pemda ini,” ajak Ari usai menghadiri World Celanup Day Sabtu kemarin di Pasar Sentral Masamba. Sampah, kata dia, bernilai ekonomi jika disalurkan di Bank Sampah. “Uang hasil menabung di Bank Sampah ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan kita yang lain,” katanya.

Ia menambahkan, dengan menabung di Bank Sampah otomatis masyarakat terbebas dari sampah plastik. “Mari ubah perilaku kita mulai sekarang. Kalau dulu kita cuek dengan sampah, nah mulai saat ini sampah harus menjadi perhatian kita karena ternyata sampah memiliki nilai ekonomi yang dapat menunjang pendapatan keluarga,” jelasnya.

Ari juga menerima Buku Rekening dari pengelola Bank Sampah yang nantinya ia gunakan untuk bertransaksi di bank itu. Sekadar informasi, konsep pengelolaan sampah seperti bank membuat masyarakat tertarik karena ada keuntungan secara ekonomi. Di samping tentunya ada penyelamatan lingkungan dengan konsep menabung sampah. (LH)

Comments

Berikan Komentar Anda

To Top