Sulsel

Cegah Korupsi,Pemkab Gandeng LIPI Kaji “IPK”di Luwu Utara

ONLINELUWURAYA.COM,MASAMBA — Indeks Persepsi Korupsi (IPK) merupakan salah satu indikator yang digunakan secara global guna menilai keberhasilan pencegahan dan pemberantasan korupsi di dunia.

Mengacu pada hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Balitbangda mencoba menerapkan sebuah pola penerapan pencegahan dan pemberantasan korupsi dengan menerapkan kajian IPK.

Menariknya, Pemda Lutra menggandeng Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI.

“Kajian IPK ini merupakan kegiatan prioritas yang dilakukan Pemerintah Daerah bersama LIPI sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani pada Agustus lalu untuk melakukan kerjasama kelitbangan yang lebih luas dan pertama kalinya dibangun dengan LIPI,” ujar Asisten III Muhammad Kasrum dalam sambutan Bupati yang ia bacakan pada acara Focus Group Dicussion IPK, di Ruang Rapat Wakil Bupati,Kabupaten Luwu Utara, Sulsel, Senin (18/12/2017).

Menurut Asisten Bidang Administrasi Umum ini, kajian IPK merupakan acuan pemerintah daerah guna memberikan gambaran keberhasilan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di Luwu Utara.

“Dengan adanya IPK ini, kita harapkan menjadi salah satu dasar pengambilan kebijakan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kapasitas daerah guna mencegah dan memberantas korupsi,” ucap Kasrum.(AY)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top