Sulsel

Desa Nikkel Sulap Pembuangan Sampah Jadi Taman Herbal, Hadirkan Beribu Manfaat

Kades Nikkel, Basari J Tosalili saat menata tanaman herbal.

ONLINELUWURAYA.COM, SOROWAKO — Berbagai inovasi dilakukan pemerintah desa demi memajukan desanya. Salah satunya di Desa Nikkel Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur, Sulwesi Selatan. Kepala desa Basari J Tosalili bersama para stafnya menyulap tempat pembuangan sampah menjadi taman herbal yang tentunya dapat mendatangkan beribu manfaat.

Saat tim Media Visit PT Vale Indonesia tbk berkunjung ke taman herbal, Jumat (2/8/19), tim disuguhi berbagai jenis produk herbal yang diproduksi di tempat ini. Semua produknya alami dari bahan yang ditanam di taman herbal.

Kepala desa Nikkel, Basari J Tosalili mengatakan taman herbal ini dibuat sejak tahun 2016, awal dirinya menjabat sebagai kades di desa yang berpenduduk lebih dari 5 ribu jiwa ini.

“Ada 163 jenis tanaman herbal yang kami rawat disini. Semuanya punya berbagai fungsi dan kegunaan masing-masing,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan dibangunnya taman ini tidak direncanakan. Awalnya hanya tempat pembuangan sampah dan tempat berkumpul binatang ternak sapi. Namun dirinya berinisiatif untuk merubah tempat tersebut menjadi lahan yang berguna.

Kini taman herbal tersebut berada dibawah binaan PT Vale Indonesia.

“Vale bantu kami, apa yang kami perlukan”, sebut Basari.

Semua tanaman di tempat ini diberi pupuk organik kompos dan tidak menggunakan pupuk kimia.

Bibitnya juga sebagian dari PT Vale dan selebihnya dicari di tempat lain.
Untuk ukuran taman ini, panjang 250 meter lebar 10 meter.

Tanaman yang paling banyak ditanam diantaranya Bawang Dayak, Sinaguri, Nanas Kerang (obat TBC), Udang Dewa (obat kanker payudara diabetes, gondok beracun) serta tanam tanaman herbal lainnya.

Kades Basari menyebutkan tempat ini sudah dikunjungi banyak orang dari luar daerah, bahkan dari Kemendagri dan Kementrian Desa pun pernah kesini. Masyarakat setempat pun juga sudah percaya khasiat-khasiat produk herbal di tempat ini dan banyak yang telah mempergunakannya sebagai obat. (Win)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top