Sulsel

Disdukcapil Lutra Uji Konektivitas Jaringan e-KTP di Wilayah Terisolir

ONLINELUWURAYA.COM, LUTRA— Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara bergerak cepat dengan melakukan inovasi pelayanan mobile perekaman dan pencetakan KTP elektronik (e-KTP) di wilayah terpencil nan terisolir.

Kecamatan yang beruntung mendapatkan pelayanan tersebut adalah Seko, sebuah wilayah pegunungan di Luwu Utara, yang letaknya ±1200 m – 1800 m di atas permukaan laut. Kegiatan ini masih dalam tahap uji coba konektivitas jaringan dan berlangsung di Kantor Kecamatan Seko selama tiga hari, 21 – 23 Juli 2017 kemarin.

Kadis Dukcapil, Mas’ud Masse, yang turun langsung menyaksikan uji coba tersebut mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk inovasi pelayanan mobile perekaman dan pencetakan KTP elektronik Dinas Dukcapil terhadap masyarakat. “Ini salah satu bentuk inovasi kami dalam memberikan pelayanan dokumen kependudukan di wilayah terpencil. Adalah kewajiban Pemerintah Daerah dalam memberikan hak-hak dasar dokumen kependudukan kepada masyarakat. Apalagi Seko merupakan daerah terisolir di wilayah adminitrasi Kabupaten Luwu Utara, “ujar Mas’ud.

Sementara itu, Camat Seko, Ari Setiawan, kepada media ini mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang laksanakan Dinas Dukcapil. Menurut Ari, salah satu permasalahan yang acapkali dialami masyarakat di sana adalah masalah biaya transportasi dan biaya hidup. Karena selama ini, ungkap Ari, masyarakat Seko harus mengurus KTP di Masamba yang tentunya membutuhkan waktu dan tenaga. Belum lagi persoalan biaya yang katanya bisa menghabiskan dana sampai Rp 2 juta. “Untuk itu apa yang dilakukan Dukcapil adalah sebuah terobosan baru yang tentunya menjawab permasalahan yang dialami masyarakat,” ucap Ari.(AY)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top