Sulsel

Februari 2019, JOIN Gelar UKW Mandiri

ONLINELUWURAYA.COM, MAKASSAR — Jika tak ada aral melintang, pengurus JOIN Sulsel akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) secara mandiri dengan menggandeng lembaga penguji yang telah terverifikasi Dewan Pers, akhir Februari 2019 mendatang.

Ketua JOIN Sulsel, Rifai Manangkasi menjelaskan, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) merupakan bentuk pengakuan dari negara bahwa kita sebagai jurnalis yang pofesional sehingga ini sangat penting untuk diikuti.

“Kesempatan ini terbaik uni agar tidak dilewatkan karena selama ini belum pernah dilaksanakan oleh JOIN dan akan diterpusat di Makassar,” ujar Rifai.

UKW mandiri ini, jelas Rifai akan mengundang seluruh pengurus dan anggota JOIN se Indonesia dikoordinir langsung Pusdiklat JOIN KTI.

“UKW ini telah mendapat dukungan penuh dari Join Pusat melalui Ketum yang akan membuka langsung,” tambah Rifai.

Menurut wartawan utama Dewan Pers ini, UKW bukan “Makluk Aneh” yang harus ditakuti apalagi dihindari. Untuk menaklukkannya, jurnalis cukup memiliki pengetahuan umum dan jurnalis mumpuni, memiliki jejaring kuat dan keterampilan menulis dan opensif dalam kegiatan keredaksian diyakini akan meraih gelar wartawan kompoten.

Lanjut dikatakan, untuk memgetahui dan membekali anggota JOIN menuju UKW maka 29 dan 30 Desember 2018, pengurus JOIN Sulsel akan menyelenggarakan Bintek UKW yang berlangsung di Aula Paud dan Dikmas Kementerian Pendidikan Jl. Adyaksa Makassar.(*)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top