Kesehatan

Februari,Cakka Gratiskan Kesehatan Warga Luwu

ONLINELUWURAYA.COM,LUWU — Bupati Luwu H.A Mudzakkar atau biasa disapa Cakka kembali memberikan jaminan kesehatan gratis kepada Warga Kabupaten Luwu.

Hal ini berdasarkan bergulirnya program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berdampak terhadap pelayanan kesehatan masyarakat Luwu.

Secara bertahap tapi pasti pemerintah Kabupaten Luwu telah memantapkan program penjaminan kesehatan masyarakat Kabupaten Luwu dengan terlaksananya penandatanganan PKS UHC (Universal Health Coverage) Kabupaten Luwu pada Jum’at 29 Desember 2017 nomor 135/KTR/IX-06/1217.

Terhitung mulai bulan Februari 2018 Peserta JKN KIS untuk Kab. Luwu berjumlah 95.12% dari total jumlah penduduk Kab. Luwu sebanyak 356.140 jiwa.

Hal ini merupakan hasil inisiasi yang intens oleh Bupati Kabupaten Luwu Andi Mudzakkar dan Amru Saher selaku Wakil Bupati Kabupaten Luwu, serta Sekda Kabupaten Luwu H. Syaiful Alam, dalam memerdekakan Jaminan Kesehatan bagi seluruh penduduk Kabupaten Luwu.

Pencapaian kinerja Program JKN-KIS untuk BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palopo sendiri yang mencakup wilayah kerja Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu Timur dan Kota Palopo, juga terus mengalami peningkatan. Di tahun 2018 ini, 4 Kabupaten/Kota di Wilayah Kerja Cabang Palopo menandatangani PKS untuk menuntaskan pencapaian Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menuju Universal Health Coverage lebih cepat, dengan capaian kepersertaan terbesar di Kab. Luwu Timur yaitu 105.69%, kemudian Kota Palopo yaitu 99.22% ,Kab. Luwu 95.12% dan Kab. Luwu Utara 71.72% dari total jumlah penduduk.

“Kami sangat mengapresiasi peran serta pemerintah daerah se-Luwu Raya, yang begitu perduli terhadap kesehatan masyarakatnya. Dengan berbagai persiapan yang begitu cepat, Pemda bergerak begitu optimal dalam mewujudkan kesehatan masyarakat yang menyeluruh tanpa terkecuali. Bagi kami, kesehatan masyarakat Indonesia adalah cita-cita kami. Kami selalu berusaha memperbaiki dan berbenah diri apalagi dalam hal pelayanan dilapangan” ujar Yusef Eka Darmawan, selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo melalui press releasenya, Senin (12/2/2018).

Dalam program JKN-KIS yang berlandaskan asas kegotong-royongan, diharapkan seluruh komponen dapat selalu saling bahu membahu dari seluruh pemangku kepentingan, baik internal maupun eksternal. Nilai-nilai gotong royong dan kerja bersama merupakan bagian dari Budaya pelaksanaan JKN, yang sehat membantu yang sakit dan pemerintah daerah membantu pemerintah pusat.Program JKN-KIS ini tidak dapat dikerjaan seorang diri, jadilah Pahlawan bagi Negaramu.(AN)

Comments

Berikan Komentar Anda

To Top