Sulsel

FKUB Luwu Utara dan FKUB Toraja Bertemu, Ini yang Dibahas

ONLINELUWURAYA.COM, LUTRA — Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Toraja dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Luwu Utara, Rabu (21/11) kemarin, mengadakan pertemuan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Utara. Pertemuan yang dibuka Asisten Administrasi Umum Muhammad Kasrum, ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan silaturahim antara pemuka agama di Toraja dengan pemuka agama yang ada di Luwu Utara.

Sebanyak 19 pengurus dan anggota FKUB plus 6 orang Dewan Kehormatan FKUB Toraja hadir, termasuk di antaranya Kepala Badan Kesbangpol Toraja, Alpius Tandiarrang.

“Komunitas Toraja di Lutra telah banyak memberikan konstribusi kepada daerah. Untuk itu, kita berharap dengan adanya anjangsana ini, kita bisa saling mengisi dan saling memberikan informasi. Ini pula yang dilakukan FKUB Lutra sehingga mendapat Harmoni Award 2017 kemarin,” tutur Kasrum.

FKUB Luwu Utara, kata Kasrum, telah banyak memberikan konstribusi positif dengan keterlibatannya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kamtibmas, baik saat Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan dan Pemilihan Kepala Desa Serentak kemarin, sehingga bisa berjalan aman, tertib dan terkendali.

“Sebuah kehormatan bagi Luwu Utara karena FKUB Toraja menjadikan Lutra sebagai wadah silaturahmi,” imbuhnya.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Lutra, Enyon, mengaku dirinya acapkali memanggil FKUB Lutra jika ada informasi yang berpotensi menimbulkan konflik di tengah-tengah masyarakat.

“Setiap ada momen, kami selalu mengadakan rapat, baik yang sifatnya rutin maupun insidentil. Selalu kita tekankan, kalau ada konflik, tidak boleh menyinggung SARA, tetapi dilihat oknumnya. Kita selalu pro aktif melakukan pendekatan kepada masyarakat,” terang Enyon.

Pertemuan ini juga diisi dengan dialog interaktif antara kedua belah pihak. Mereka saling memaparkan kiat-kiat atau langkah-langkah konkrit yang telah ditempuh masing-masing pemuka agama dalam menyikapi persoalan keummatan yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Pertemuan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama antara FKUB dan staf Badan Kesbangpol kedua belah pihak. (AY)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top