Teknologi

Gratis,Lima Desa Dapatkan 236 Unit PLTS dari DPKPP Luwu Timur

ONLINELUWURAYA.COM,LUTIM — Sebanyak  lima desa mendapatkan hibah berupa bantuan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) unit dari Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertananan (DPKPP) Luwu Timur

DPKPP salurkan  236 unit pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) jenis Solar Home System (SHS) ke rumah warga secara gratis

Kepala DPKPP Luwu Timur, Zainuddin mengatakan warga yang mendapat bantuan tinggal di wilayah tambak dan yang bermukim di wilayah pegunungan.

“PLTS SHS ini diberikan kepada warga secara gratis. Semoga melalui program ini masyarakat yang tidak terjangkau jaringan PT PLN dapat menikmati penerangan listrik,” kata Bang Jay sapaan Zainuddin,Senin (26/2/2018).

Untuk rincian penerima, yakni sebanyak 40 unit di Desa Tabaroge Kecamatan Wotu, 99 unit di Desa Lakawali Pantai, 42 unit Desa Manurung, 24 unit Desa Pasi-pasi Kecamatan Malili, dan 31 unit di Desa Rante Mario, Kecamatan Tomoni.

Pengadaan 236 unit PLTS SHS menghabiskan dana Rp 2.592.480.000. Sistem penerangan SHS didesain khusus untuk memberi penerangan saat malam dengan tiga lampu per rumah kapasitas 5 watt.

Komponen utama berupa modul surya sebagai penangkap energi matahari, kemudian baterai sebagai penyimpan arus listrik, baterai control unit sebagai pengatur arus.(AR)

Comments

Berikan Komentar Anda

To Top