hukum & kriminal

Hari Anti Korupsi Sedunia, Ini Kasus Tipikor yang Diselesaikan Kejari Palopo

ONLINELUWURAYA.COM, PALOPO — Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia tahun 2018, jajaran Kejaksaan Negeri  (Kejari) Kota Palopo menggelar upacara yang dilaksanakan di halaman kantor Kejaksaan Negeri Palopo, Jl.Masjaya, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Senin (10/12/2018).

Pada kesempatan itu, Kepala Kejaksaan Negeri Palopo, Adianto SH. MH saat membacakan Amanat Jaksa Agung RI mengungkapkan bahwa Upacara sedianya dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 9 Desember 2018, namun dikarenakan bertepatan dengan hari libur maka pelaksananannya baru dilaksanakan pada senin ini.

” Namun hal tersebut tidak mengurangi rasa khidmat, keseriusan dan kesungguhan kita untuk memandang momentum yang berrharga ini sebagai saat yang tepat untuk melakukan komtemplasi, introspeksi, dan evaluasi,” ungkap Adianto.

Lanjutnya, guna mendorong perbaikan dan penyempumaan kualitas kinerja institusi dalam rangka menghadirkan penegakan hukum pemberantasan korupsi yang dapat memenuhi ekspektasi
dan harapan besar publik.

Ia juga menyampaikan Peringatan Anti Korupsi Dunia kali ini mengambil tema “Melangkah Pasti Cegah dan Berantas korupsi”.

” Tema yang sangat tepat dan relevan dengan kondisi kekinian, yang semakin mengingatkan dan menyadarkan betapa pentingnya meneguhkan, mengukuhkan, dan memantapkan kembali komitmen kita selaku insan Adhyaksa,” ucapnya.

Adianto juga memaparkan beberapa gambaran positif kinerja Kejaksaan dalam pemberantasan tindak pidana korupsi selama periode bulan Januari sampai dengan November 2018.

Adapun melalui upaya Penyelidikan sebanyak 1.251 perkara, Penyidikan sebanyak 792 perkara, penuntutan sebanyak 1.481perkara. Dari jumlah Penuntutan tersebut sebanyak 792 perkara merupakan hasil penyidikan Kejaksaan dan perkara berasal dari penyidikan Polri, dan sudah dilaksanakan eksekusi pidana badan sebanyak 972 perkara.

” Adapun penanganan dan penyelesaian perkara tindak pidana korupsi yang berkualitas selama perioda Januari sampai dengan November 2018 telah berhasil melakukan penyelamatan keuangan negara sebesar Rp 522 Milyar lebih,” paparnya.

Pada upacara yang berlangsung hikmat tersebut, Adianto juga menyampaikan Terimaksih kepada jajaran adiyaksa dimanapun bertugas yang sudah menyelamatkan asset negara. Dan pada akhir upacara dilaksanakan pelepasan Balon Udara bertuliskan hari anti korupsi Dunia 2018. (Hms)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top