hukum & kriminal

Kajati Sulsel Kunker di Kota Idaman Palopo

ONLINELUWURAYA.COM, PALOPO — Di akhir masa jabatannya Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Selatan (Sulsel), Tarmizi SH MH, melakukan kunjungan kerja ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Palopo, Rabu (26/6/2019).

Kunjungan itu dihadiri Wali Kota Palopo HM Judas Amir, Wakil Wali Kota Palopo Rahmat Masri Bandaso, Ketua DPRD Palopo Harisal A Latief, Kapolres Palopo AKBP Ardiansyah, unsur muspida dan puluhan pimpinan Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Palopo.

Kajati Sulsel Tarmizi, dalam sambutannya, menekankan agar keberadaan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) tak dijadikan tempat berlindung dari pelanggaran hukum.

Menurutnya, tugas TP4D itu hanya pengawasan untuk memastikan pekerjaan itu selesai tepat waktu, tepat mutu, dan tepat manfaat.

“Namun TP4D ini jangan dijadikan tempat berlindung. Meskipun suatu pekerjaan itu diawasi TP4D, namun kami tak dapat menjamin itu bebas dari pelanggaran,” tegasnya.

Ia juga membeberkan, jika ketua TP4D di daerah akan diketuai langsung Kajari, bukan lagi Kasi Intel Kejari.

Dalam sambutannya, Kajati juga menekankan jajarannya untuk lebih gencar melakukan pencegahan.

Sementara itu, Kajari Palopo, Nur Yalamlan Cayana SH MH, menyampaikan, saat ini Kejari Palopo memiliki personil sebanyak 26 orang.

Dari sejumlah personel tersebut tentunya terbagi ke dalam beberapa bidang yang di antaranya adalah bidang Pidum, Pidsus, Datun, Intelijen, Barang bukti, dan barang rampasan dan serta bidang pembinaan.

Ia juga menjelaskan, dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di bidang pelayanan publik, maka pihaknya mencanangkan program jaksa solata.

Program itu dalam rangka memberikan pelayanan hukum gratis kepada masyarakat yang membutuhkan adviser hukum terhadap persoalan-persoalan yang dihadapinya.

“Adapun metode yang digunakan adalah berupa penerangan dan penyuluhan hukum baik menggunakan social media yaitu WhatsApp, instagram, maupun facebook atau menggunakan media konvensional lainnya,” jelasnya.

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, dalam sambutan singkatnya, menyampaikan selamat datang di kota Palopo kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, semoga kehadiran di kota Palopo ini membawa berkah dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat kota palopo.

“Semoga kepala kejaksaan tinggi selalu diberikan kesehatan agar tetap bekerja dengan baik, serta terima kasih pula kepada kepala kejati yang telah memberikan bimbingan dan petunjuk untuk dilakukan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Judas juga menambahkan lewat kesempatan ini kami mendoakan semoga di tempat yang baru nanti kepala Kejaksaan Tinggi diberikan rahmat yang lebih besar lagi.

Sekedar diketahui Kajati Sulsel, Tarmizi SH MH di promosi ke Kejaksaan Agung sebagai Sekretaris Jaksa Agung Muda Perdata dan Tatausaha Negara. (AL)

Comments

Berikan Komentar Anda

To Top