Politik

Kisruh LADK,Golkar dan Hanura Masih Terancam,Penentu KPU RI

Handover

ONLINELUWURAYA.COM,PALOPO — Komisi Pemilihan Umum (KPU)) Palopo telah membuat berita acara mengenai Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) Partai Politik (Parpol) di Kota Palopo.

Dalam berita acara itu ada beberapa kategori yang KPU Palopo laporkan

Pertama ada 13 Parpol yang diterima LADK nya dalam kategori tepat waktu pukul 18.00 wita.

Kedua adalah dua Parpol Golkar dan Hanura yang diterima LADK nya namun dalam kategori terlambat.

Dan ketiga satu Parpol Garuda yang sama sekali tidak menyetor LADK.

Sesuai pada Pasal 338 ayat 1 pengurus parpol tingkat provinsi, kabupaten/kota tidak menyampaikan LADK sampai batas waktu yang telah ditentukan dimaksud dalam 335 ayat 2 partai tersebut dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai peserta pemilu.

Ketua KPU Palopo Abbas mengatakan, dua parpol Golkar dan Hanura yang masuk dalam kategori terlambat terancam didiskualifikasi, namun proses itu akan ditentukan di KPU RI.

Namun demikian, meskipun dalam ketegori terlambat, Golkar dan Hanura juga menyampaikan klarifikasi atau alasan utama yang menjadi keterlambatan itu.

“Berita acara yang kami buat telah dilaporkan ke KPU RI, laporan itu beserta lampiran alasan keterlambatan partai yang menyetor LADK. Selanjutnya untuk mendiskualifikasi atau tidak itu adalah wewenang KPU RI,” katanya, Rabu (3/10/2018).

Sebelumnya KPU Palopo yang diambil alih oleh KPU Provinsi, menolak LADK Golkar dan Hanura karena terlambat.

Golkar dan Hanura yang merasa dirugikan kemudian mengadu ke Bawaslu untuk dilakukan mediasi yang diikuti oleh KPU.

Hasil mediasi itu menerima kembali LADK Golkar dan Hanura namun dalam kategori terlambat yang selanjutnya akan diserahkan ke KPU RI.(*)

Comments

Berikan Komentar Anda

To Top