Sulsel

Otoritas Pelabuhan Utama Makassar Siapkan 21 Kapal Angkutan Natal

ONLINELUWURAYA.COM, MAKASSAR —Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar melaksanakan kongkow-kongkow bersama sejumlah jurnalis di MaxxCoffe Jl.Pattimura Makassar. jelang apel siaga angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Dalam kesempatan itu, Harno panggilan akrab Kepala Otoritas Utama Pelabuhan Makasar, menyatakan khusus Pelabuhan Utama Makassar pada penyelenggaraan angkutan Nataru tahun ini akan dilayani oleh 14 kapal PT. Pelni, 4 Kapal milik PT. Dharma Lautan dan 1 kapal milik PT. Prima Vista serta 2 kapal Perintis (PT. Pelni), dengan total keseluruhan 21 kapal.

Berdasarkan analisis data yamg dilakukan, diperkirakan puncak angkutan laut Natal 2018 terjadi pada Sabtu 22 Desember 2018 dengan jumlah kedatangan/keberangkatan kapal sebanyak 5 unit dengan prakiraaan penumpang yang turun di Pelabuhan Makassar 2.167 orang dan penumpang yang naik dari Pelabuhan Makassar 2.422 orang.

Sedangkan puncak angkutan laut Tahun Baru 2019 diperkirakan terjadi pada tanggal 2 Januari 2019 dengan jumlah kedatangan/keberangkatan kapal sebanyak 4 unit kapal, dengan prakiraan penumpang yang naik di Pelabuhan Makassar sebanyak 2.016 orang dan penumpang yang turun di Pelabuhan Makassar sebanyak 1.871 orang.

Selain fokus pada keamanan dan keselamatan pelayaran, Harno menambahkan bahwa dalam penyelenggaraan Angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar akan memberikan prioritas utama terkait aspek konektifitas antara angkutan laut dengan angkutan jalan dengan memberikan kemudahan kepada penumpang yang turun di Pelabuhan Makasar untuk melanjutkan perjalanan ke Terminal Bus Daya dan Terminal Bus Malengkeri yang akan dilanjutkan ke Terminal Bus Sungguminasa Gowa.

“Apabila ada permintaan penumpang untuk melanjutkan ke daerah-daerah lain kami akan memfasilitasi dengan mengajak partisipasi Perum Damri dan operator bus lainnya,” ujar Harno.

Untuk memperlancar pelaksanaan Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, kerjasama stakeholeder di Pelabuhan Makassar sangat dibutuhkan, antara lain untuk kelancaran lalu lintas di sekitar pelabuhan dan di dalam kawasan pelabuhan akan dikoordunasikan langsung oleh Kepolisian Resort Pelabuhan Makassar, untuk kelancaran penumpang dari dan ke terminal ke dan dari kapal akan dikoordinasikan langsung oleh PT. Pelindo 4 Cab Makassar, sedangkan terkait dengan kesehatan dan kenyamanan penumpang akan dilakukan secara bersama-sama antara Kantor Kesehatan Pelabuhan, pihak Jasa Raharja dan operator pelayaran dan bus.

Sebagai pelabuhan umum, Pelabuhan Makasar tidak hanya melayani penumpang tetapi juga barang/logistik. Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar sebagai regulator menjamin kelancaran arus barang/logistik di Pelabuhan Makassar.(*)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top