Sulsel

Pemerhati Lingkungan Larang Keras Ikan Tawes di Lepas di Danau Matano

H.Usman Sadik

ONLINELUWURAYA.COM, LUTIM — Penebaran benih 100.000 ikan tawes di Danau Matano, Kabupaten Luwu Timur,  Jumat (2/8/2019) dibatalkan.

Hal ini  dikarenakan ikan tawes bukan ikan asli danau matano dan termasuk jenis ikan introduksi yang akan memangsa ikan buttini sehingga semakin menyebabkan kepunahan ikan buttini sebagai ikan endemik danau matano

Hal ini disampaikan oleh Pemerhati Lingkungan H.Usman Sadik kepada Onlineluwuraya.Com, Senin (5/8/2019)

Lanjutnya ini merupakan pelanggaran terhadap UU konservasi sumber daya alam nomor 5 tahun 1999.. dan meminta kepada kementerian kelautan dan perikanan direktorat jenderal budidaya balai perikanan budidaya air tawar Tatelu menarik kembali bantuan benih ikan tawes tersebut

“Karena jika ikan ini masuk ke badan danau matano maka mengancam pelestarian ikan buttini dan meminta pemda dan balai besar konservasi sumber daya alam Sulsel Sulbar untuk melakukan upaya pencegahan atas penebaran ikan tawes tersebut,” harap Usman Sadik yang juga merupakan anggota DPRD Luwu Timur.

Usman Sadik melarang keras ikan ikan tawes tersebut untuk di lepas di Danau matano.

“Jika itu dilakukan maka ikan yang lain akan menjadi punah,” kuncinya.

Selain itu masyarakat pesisir  danau  matano  juga menolak  keras adanya  pelepasan  ikan  Tawes  di danau  sebab  akan  merusak  ekosistem  yang  ada  didasar  danau. (Geb)

 

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top