Sulsel

Pemilihan Anggota BPD Desa Komba Luwu Utara Dinilai Langgar Aturan

Mufaddal, salah satu pemuda di desa Komba.

ONLINELUWURAYA.COM, LUWU UTARA — Pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Komba, Kecamatan Rongkong menuai pertentangan dari segenap unsur pemuda dan masyarakat. Pasalnya, pada pemilihan anggota BPD yang digelar di aula Kantor desa pada awal November lalu dilaksanakan tidak sesuai mekanisme.

Mufaddal (21) salah satu pemuda di desa Komba menyebutkan, Pemerintah desa tidak melakukan proses pemilihan BPD secara demokratis sesuai dengan regulasi yang termaktub di dalam undang-undang desa Nomor 6 tahun 2014 dan permendagri Nomor 110 tahun 2018.

“Sedikitnya ada dua mekanisme yang tidak dilakukan dalam proses pemilihan tersebut,” ungkapnya.

Lanjutnya, pelanggaran pertama, tidak adanya kepanitiaan yang dibentuk oleh aparat desa, sebagaimana Permen Nomor 110 pasal 9 ayat (1) bahwa proses pemilihan BPD dilaksanakan oleh panitia yang ditetapkan dengan keputusan kepala desa. Yang kedua, tidak dilakukannya musyawarah dusun di dalam proses rekrutmen calon anggota BPD sebagai mana permen Nomor 110 pasal 6 (a), yang menyatakan bahwa pengisian anggota BPD dilakukan melalui pengisian berdasarkan keterwakilan wilayah dalam hal ini dusun.

“Cacatnya pemilihan BPD di desa Komba akan menjadi persoalan yang akan berdampak bagi pemerintahan desa. Sebab jika di dalam proses pemilihan terdapat intervensi dari pemerintah desa, maka hal itu justru akan berdampak bagi melemahnya fungsi pengawasan dalam proses kinerja pemerintah desa,” jelas Faddal yang masih aktif sebagai mahasiswa di salah satu kampus di Kota Palopo ini.

Faddal mengungkapkan, bahwa dirinya beserta beberapa pemuda sudah melakukan audiensi dengan pemerintah desa, serta pemerintah kecamatan terkait persoalan ini. Namun sampai hari ini tidak ada upaya-upaya Kongkrit yang dilakukan dalam proses penyelesaian masalah.

Oleh karenanya Faddal meminta agar proses pemilihan BPD harus diulang. Pihaknya pun mengaku sudah melaporkan dugaan pelanggaran atau pemilihan BPD komba ini ke Pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (PMD) Kabupaten Luwu Utara. (Rls)

Comments

Berikan Komentar Anda

To Top