Sulsel

Pemkab Lutra Studi Sistem E-Kemiskinan

ONLINELUWURAYA. COM,MASAMBA — Berbagai upaya peningkatan kinerja terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara. Yang terbaru, Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melakukan studi tiru ke Pemerintah Kota Makassar. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka mempelajari sistem penanggulangan kemiskinan melalui e-kemiskinan yang telah diterapkan Pemerintah Daerah Kota Makassar.

Rombongan Studi Tiru Pemda Lutra ini diterima langsung Staf Ahli Wali Kota Makassar Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sosial, Irwan Rusfiadi Adnan di Ruang Staf Bupati ,baru-baru ini.

“Kunjungan kami untuk melaksanakan studi tiru terkait pengelolaan penanggulangan kemiskinan melalui media elektronik, terkhusus bagaimana mengolah data untuk digunakan instansi terkait agar penanggulangan kemiskinan tepat sasaran” ujar Kadis Kominfo Luwu Utara, Arief Palallo, mengemukakan alasan kunjungannya tersebut.

Pihaknya berupaya mengembangkan sistem tersebut di Luwu Utara. Meski demikian, kata Arief, tidak bisa dipungkiri bahwa keterbatasan daerah dalam memfasilitasi sistem ini juga menjadi faktor penentu. “Kita akan upayakan untuk mengikuti sistem ini. Hanya saja memang kendala kita di daerah adalah fasilitas yang belum memadai. Kita bicarakan dulu dengan pimpinan hasil studi kita. Setelah itu, kita buatkan Perbub-nya, baru kita laksanakan,” terang Arief.

Sementara itu Staf Ahli Irwan mengatakan, dalam upaya penerapan sistem e-kemiskinan, perlu ada penguatan data di setiap instansi dan diinput dalam sebuah sistem. “Bagaimana menguatkan data di setiap instansi, karena semua data akan berhubungan dengan setiap keperluan, baik sosial, kemiskinan, dan kesehatan, sehingga dalam penggunaannya mudah dan tepat sasaran, baik untuk menentukan angka kemiskinan, angka kematian dan sebagainya” ujar Irwan. (AY)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top