Sulsel

Pemprov Sulsel Salurkan 10 Ton Bibit Pertanian Korban Banjir di Pinrang

ONLINELUWURAYA.COM, PINRANG — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan saat ini sedang mendistribusikan bantuan benih kepada daerah yang terdampak banjir di beberapa daerah beberapa waktu lalu.

Dari catatan dan data Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulsel, sebanyak 10.465 hektare (Ha) luas lahan tanaman pertanian mengalami puso (rusak).

“Saya ke Pinrang, ini sesuai arahan Gubernur pada saat saya melapor, bahwa sudah ada 10.465 Ha puso di delapan kabupaten. Yaitu Sidrap, Wajo, Soppeng, Bone, Pinrang, Enrekang Luwu dan Luwu Utara,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan TPH Fitriani Sanusi.

Rabu (26/6) Fitriani menyerahkan bibit untuk lahan 410 Ha ke kelompok tani dari empat kecamatan yang terkena puso. Dengan jumlah bibit 10,25 ton.

Penyerahan dilakukan di Desa Toe, Kecamatan Tiroang, Kabupaten Pinrang. Hadir langsung Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid.

Pinrang merupakan kabupaten pertama yang diserahkan bantuan dari lima kabupaten yang telah mengusulkan dari delapan kabupaten yang terdampak. Adapun kabupaten tersebut, Sidrap, Wajo, Soppeng ,pinrang, Luwu. Sementara kabupaten lain masih mendata dan melakukan identifikasi.

“Surat permintaan bantuan lima kabupaten oleh bupati ke Bapak Gubernur sudah ada. Kemudian kami tindaklanjuti untuk serahkan benih tersebut ke petani,” sebut Fitriani.

Lanjut Fitriani, bahwa Sulsel memiliki cadangan benih daerah dan juga di dukung cadangan benih pusat (nasional) yang siap disalurkan.(ADI)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top