Sulsel

Pjs Wali Kota Palopo Serahkan LKPD Unaudited TA 2017 ke BKP Sulsel

ONLINELUWURAYA.COM,MAKASSAR — Pjs Wali Kota Palopo,Andi Arwin menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) belum final (Unaudited) Kota Palopo Tahun Anggaran 2017, ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (29/3/2018).

Penyerahan LKPD TA 2017 diawali dengan penandatangan berita acara serah terima, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan, yang diserahkan langsung Plt Wali Kota Palopo Andi Arwin kepada Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulsel, Widiyatmantoro.

Saat menyerahkan LKPD tersebut, Andi Arwin didampingi Plt. Sekretaris Daerah, Jamaluddin Nuhung dan Kepala BPKAD Palopo Hamzah Jalante.

Penyerahan LKPD oleh pemerintah daerah merupakan suatu proses dalam rangka menjamin transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah, sebagaimana yang diatur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri No 13 Tahun 2016 tentang laporan penyelenggaran keuangan pemerintahan kepada BPK untuk dilakukan pemeriksaan.

Andi Arwin mengatakan, jika penyerahan LKPD ini sebagai syarat untuk memastikan bahwa semua proses-proses penyelenggaran keuangan di pemerintah Kota Palopo berjalan sesuai dengan peraturan permendagri no 13 tahun 2016.

Menurutnya, dengan diserahkannya laporan LKPD itu, berarti pemerintah Kota Palopo bersiap untuk diperiksa dalam artian semua penyelenggaran pemerintahan yang berkaitan dengan keuangan mulai dari input dan output siap diperiksa sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan.

“Setelah penyerahan ini selesai baru kemudian kita membuat laporan keterangan pertanggung jawabkan ke DPRD untuk proses penyelenggaran APBD perubahaan. Jadi momen ini sangatlah penting,” kata Andi Arwin.

Ia juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada perwakilan BPK Sulawesi Selatan atas kerjasama yang selama ini terjalin dengan baik, sehingga menjadikan sistem pengelolaan keuangan di pemerintah Kota Palopo berjalan dengan transparan dan akuntabel.

Penyerakan LKPD itu juga diikuti oleh sepuluh Kabupaten Kota lainya, yaitu Soppeng,Kota Palopo, Kota Makassar, LuwuTimur, Kab Enrekang , Bantaeng, Sinjai, Barru, Sidrap, Pangkajene Kepulauan.(AS)

 

Comments

Berikan Komentar Anda

To Top