Ekonomi

PT Vale Indonesia Raih Penghargaan Platinum di Ajang Asia Sustainability Reporting Awards 2018

ONLINELUWURAYA.COM, LAMPUNG — PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) meraih penghargaan Platinum dalam ajang Asia Sustainability Reporting (ASR) Awards 2018.

Penghargaan Platinum ini untuk Laporan Keberlanjutan periode 2017 berjudul Sustained Commitment yang menyajikan informasi mengenai upaya-upaya konsisten PT Vale dalam menjalankan operasi berkelanjutan melalui kegiatan produksi yang efektif dan efisien, pelestarian lingkungan, dan upaya memandirikan masyarakat di sekitar wilayah operasional Perusahaan.

ASR Awards sendiri, merupakan penganugerahan penghargaan bagi perusahaan-perusahaan maju dan berkembang di Indonesia yang melaporkan upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang terintegrasi dengan aspek bisnis dan operasinya.

Untuk tahun ini, ASR diikuti oleh 56 entitas, baik perusahaan BUMN, swasta, maupun perusahaan. Kriteria penilaian sendiri, mengacu pada Sustainability Reporting Guideline 4.0 atau GRI-G4.

Sementara, penjurian ASR 2018 melibatkan 76 asesor dan dewan juri yang terakreditasi. Seremoni SRA 2018 ini sendiri, diselenggarakan bersamaan dengan Lampung Sustainability Forum, dimana rating pada Asia Sustainability Reporting (ASR) masing-masing terdiri dari kategori ASR Bronze Rating, ASR Silver Rating, ASR Gold Rating dan ASR Platinum Rating sebagai rating yang tertinggi.

Senior Manager Communication PT Vale, Bayu Aji, mengungkapkan, penghargaan ini merupakan apresiasi atas komitmen PT Vale untuk menerapkan praktik pertambangan berkelanjutan, kontribusi Perusahaan terhadap pelestarian lingkungan, serta upaya memberi manfaat sosial serta ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Tahun pelaporan, yakni 2017 kemarin, merupakan tahun yang penuh dinamika. Di satu sisi, harga nikel dunia mengalami gejolak, namun perekonomian Indonesia tetap menunjukkan pertumbuhan yang positif. Di sisi lain, persaingan di industri nikel semakin tinggi berkat prospek bisnis yang menjanjikan di masa depan,” katanya melalui rilisnya, Selasa (11/12/2018).

Di tengah maraknya persaingan tersebut, kata Aji, keunggulan kinerja tetap selalu dikedepankan. Apalagi, misi keberlanjutan menjadi keunggulan PT Vale.

“Karena itulah, kami selalu konsisten menyelaraskan kegiatan operasional tambang dengan upaya-upaya pelestarian lingkungan dan tanggung jawab sosial yang diimplementasikan, sejalan dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas,” katanya.

Sekedar diketahui, ASR ini sendiri, tahun-tahun sebelumnya bernama Sustainability Reporting Awards (SRA) dan merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR).

Tahun ini, tema seremoni penghargaan adalah “Towards Greater Transparency and Accountability”. Tema tersebut dipilih karena Laporan Keberlanjutan merupakan dokumen transparan dan terukur yang memuat kebijakan ekonomi, lingkungan, dan kebijakan sosial suatu perusahaan, serta menjabarkan dampak dan kinerja organisasi beserta produknya dalam konteks pembangunan berkelanjutan.

Dalam penyelenggaraannya ke-14 ini, NCSR berkolaborasi dengan Institute of Certified Sustainability Practitioners (ICSP).

Dalam seremoni penyerahan penghargaan ASR tahun ini, juga digelar Sustainability Practitioner Conference (SPC) yang merupakan ajang diskusi bagi praktisi dan profesional Sustainability Reporting di Indonesia. (**)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top