Sulsel

Rumah Data Ku di Desa Labbo Bantaeng Kini Diresmikan

ONLINELUWURAYA.COM, BANTAENG — Rumah Data Ku di Desa Labbo diresmikan. Diketahui hal itu merupakan program yang diusung Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bantaeng.

Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera (Kabid KBKS) DPPKB Bantaeng, Syaharuddin daeng Ridho mengatakan, Rumah Data Ku sudah tersebar di beberapa daerah binaan Kampung KB.

“Rumah Data Ku ada lima, hanya saja baru dua yang diresmikan yakni di Desa Kaloling dan yang baru saja diresmikan di Desa Labbo. Untuk yang sudah ada tapi belum diresmikan yaitu di Bonto Majannang di Kecamatan Sinoa, Bonto Tallasa di Kecamatan Ulu Ere dan di Kecamatan Bissappu,” kata Ridho, sapaan akrabnya– usai peresmian, Jumat, (21/6/2019).

Rumah Data Ku ini, kata dia, merupakan program Kampung KB, yang terintegrasi dengan lintas sektor.

“Jadi di Rumah Data Ku ini menjadi pusat data. Sehingga OPD lainnya, mau melakukan kegiatan di Kampung KB ini, maka data sudah ada jadi lebih memudahkan,” ucapnya.

Selain itu, dia juga menyebut bahwa DPPKB Bantaeng bakal menerapkan Rumah Data Ku di setiap Kampung KB yang tersebar di delapan Kecamatan se-kabupaten Bantaeng.

“Jadi kami upayakan bahwa tahun depan paling lambat, sebanyak 12 kampung KB ini, sudah terdapat Rumah Data Ku,” paparnya.

Senada dengan itu, Kepala Desa Labbo, Sirajuddin menyebut dengan adanya Rumah Data Ku ini, lebih memudahkan keberlangsungan program-program kerja OPD dan Pemerintah Desa, terkhusus di Labbo. Sebab data yang disajikan di Rumah Data Ku sudah kompleks.

“Rumah Data Ku ini menjadi satu dari sekian pendataan yang bisa disajikan sewaktu-waktu dibutuhkan. Data di Rumah Data Ku itu komplit, hampir semua ada. Data tentang kelompok pendidikan, pekerjaan, termasuk tata guna lahan, peta desa ada juga. Termasuk pula pengelompokan usia. Sehingga OPD jika membuat kegiatan sisa mencari data apa saja yang dibutuhkan,” jelasnya.

Tentunya data-data yang disajikan itu, kata Sirajuddin, berkesinambungan dengan program prioritas Bupati.

Nampak usai peresmian Rumah Data Ku ini, diberikan pula bantuan sarana Generasi Berencana KIT (GENRE KIT) berupa laptop, LCD dan layar proyektor. Juga diberikan Permainan GENRE KIT, berupa permainan ular tangga dan monopoli. (Sid)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top