Sulsel

Safari Ramadan di Malbar, IDP Imbau Warga Bayar Zakat

ONLINELUWURAYA.COM, LUTRA — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP), mengimbau masyarakat, khususnya yang muslim, untuk membayar zakat fitrah di Bulan Suci Ramadan. Imbauan tersebut ia sampaikan saat melakukan kegiatan Safari Ramadan di Desa Pengkajoang Kecamatan Malangke Barat (Malbar), Jumat (24/5/2019), di Masjid Fastabiqul Khairat.

“Puasa mengajarkan kita bagaimana meningkatkan kesalehan sosial di bulan yang suci ini. Salah satunya membayar zakat,” kata IDP.

Dengan adanya zakat, lanjut dia, diharap keluarga pra sejahtera bisa memenuhi kebutuhan di hari raya idul fitri.

“Tujuannya kan untuk keluarga pra sejahtera agar mereka juga bisa merasakan kemuliaan hari raya Idul Fitri,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara telah menetapkan nilai zakat fitrah yang besarannya dibagi berdasarkan topografi wilayah. Khusus wilayah pegunungan seperti Rongkong, Seko dan Rampi, besarannya Rp 25 Ribu. Sementara 12 kecamatan di wilayah daratan, besarannya Rp 30 Ribu. Khusus untuk infaq RTM Rp 50 Ribu.

Senada Bupati, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Luwu Utara, Nurul Haq, mengatakan bahwa zakat fitrah adalah pelengkap pahala dari ibadah puasa Ramadan.

“Membayar zakat adalah kewajiban kita dalam bulan suci ini. Tanpa membayar zakat, ibadah puasa yang kita jalani ini tidak akan diterima oleh Allah Swt,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pj. Sekda Tafsil saleh, Wakapolres Lutra Amir Majid, Anggota DPRD Amir Mahmud, Ketua KAHMI Lutra Muhammad Fauzi, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Kepala Perangkat Daerah, Camat Malbar Sulpiadi serta warga desa setempat. Safari Ramadan diawali buka bersama, lalu dilanjutkan salat tarawih berjemaah. (MR/LH/HMS)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top