Sulsel

Safari Ramadhan ke Sidrap, Wagub Ingatkan Soal Zakat Pertanian

ONLINELUWURAYA.COM, SIDRAP — Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengunjungi Kabupaten Sidrap dalam agenda Safari Ramadhan 2019, Jumat (17/5/2019). Bertempat di Kantor Kecamatan Maritengngae, kegiatan dimulai dengan buka puasa bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Sidrap dan masyarakat.

Diketahui, Sidrap dikenal sebagai lumbung pangan. “Kesyukuran tinggal diperbaiki, salah satunya yang wajib, adalah zakat. Zakat dikeluarkan ketika sudah memenuhi jumlahnya,” kata Andi Sudirman, mengingatkan masyarakat Sidrap akan Zakat Pertanian.

“Pertanian yang pengairannya menggunakan air hujan, air sungai, dan mata air yang tidak memerlukan biaya, zakat yang harus dikeluarkan adalah 10 persen. Pertanian yang pengairannya menggunakan irigasi atau sumber air yang harus mengeluarkan biaya, jumlah zakat yang harus dikeluarkan 5 persen,” jelasnya.

Andi Sudirman berpesan kepada masyarakat Sidrap untuk mempelajari zakat pertanian. Jumlah yang dikiaskan dengan zakat pertanian hanya nisabnya, bukan besaran zakat yang harus diambil. Jadi, angka 2,5 persen tidak berhubungan dengan zakat pertanian.

Sesuai jadwal Safari Ramadhan di Kabupaten Sidrap, Wagub Andi Sudirman akan melaksanakan Shalat Tarawih berjamaah, dan membawakan Kultum Subuh. (*)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top