Kesehatan

Sekda Lutra: “PMI Semakin Berkembang”

ONLINELUWURAYA.COM, LUTRA — Kalau dahulu PMI identik dengan kegiatan donor darah, maka paradigma itu kini mulai berkembang seiring dengan perkembangan zaman.

“Di usianya yang ke-73 tahun, PMI semakin berkembang. Jika PMI yang kita kenal selama ini identik dengan donor darah, maka saat ini PMI mampu melibatkan diri dalam merespon persoalan kebencanaan dan pembinaan remaja,” ujar Sekda Lutra, Abdul Mahfud, saat membuka acara Kemah Bhakti dan Lomba PMR II PMI Lutra, Sabtu (17/11), di Lapangan Sidomukti Kecamatan Bonebone.

Sekda Mahfud berharap agar PMI tetap selalu merespon persoalan kebencanaan di Luwu Utara, serta peduli terhadap aksi-aksi kemanusiaan.

“Akhir-akhir ini, bangsa kita akrab dengan persoalan kebencanaan, seperti banjir, longsor, kebakaran, dan musibah lainnya. Untuk itu, kita berharap seluruh stakeholder tetap bersinergi dalam mengatasi setiap musibah yang sewaktu-waktu bisa saja datang menghampiri,” harap Mahfud.

Di HUT ke-73 PMI, lanjut Mahfud, harus dijadikan sebagai momentum mewujudkan generasi muda yang sehat, cerdas, peduli dan bertanggungjawab.

“PMI harus mampu memberikan motivasi kepada yang lain untuk senantiasa peduli dan saling menolong antarsesama tanpa membedakan suku, agama, budaya, bahasa dan pandangan politik lainnya,” tandasnya.

Sementara Ketua Panitia, Maharuddin, dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk dan membangun generasi muda yang memiliki karakter, terutama budi pekerti dan rasa kemanusiaan.

“Kita ingin melalui kegiatan ini, kepercayaan masyarakat terhadap PMI bisa semakin meningkat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan,” harap Maharuddin.

Kemah Bhakti yang mengangkat tema “Semangat Kepahlawanan Relawan” ini diikuti 962 orang, yang terdiri dari siswa(i) SD, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan sekolah sederajat lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan selama seminggu, mulai 16 – 22 November 2018. Pada kegiatan ini juga dilakukan pengukuhan Anggota KSR Angkatan IV Unit Markas PMI Luwu Utara yang dirangkaikan dengan MoU Sekolah Siaga Bencana.

Selain Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu Utara, Abdul Mahfud, turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua KAHMI Kabupaten Luwu Utara Muhammad Fauzi, Pimpinan BUMN/BUMD, Unsur Tripika Kecamatan Bonebone serta para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara. (AY)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top