Sulsel

Semalam di Desa, Bupati IDP ke Desa Malimbu Lewati 6 Jembatan Gantung

ONLINELUWURAYA.COM, LUWU UTARA — Dengan menaiki ojek, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani beserta jajarannya menjemput harapan serta aspirasi masyarakat di salah satu dusun terpencil di Kecamatan Sabbang, tepatnya di dusun Mangkaluku, desa Malimbu, pada sabtu (26/10/2019).

Perjalanan orang nomor satu di Lutra ini menempuh jarak sekitar 26 km, melewati 6 jembatan gantung dengan kondisi jalan yang bebatuan, terjal, dan sempit. Biaya ojek berkisar antara 300.000,- hingga 400.000,-

Bersama rombongan, Indah disambut secara adat oleh masyarakat. Sebelum naik ke rumah, Indah terlebih dahulu dipersilakan melangkahi kepala kerbau tepat di bawah tangga rumah.

Kedatangan Bupati yang akrab disapa IDP ini sebagai bagian dari salah satu program Pemda, yaitu semalam di desa.

Pada kesempatan ini, IDP ingin melihat kejayaan dusun Mangkaluku yang pernah menjadi penyuplai beras untuk kecamatan Sabbang.

“Saya instruksikan kepada teman-teman, segera identifikasi lahan yang masih mungkin dikelola termasuk pembenahan irigasi, bisa juga melalui irigasi desa,” ungkapnya.

Sebelumnya, upaya Pemda melalui Dinas Ketahanan Pangan terbukti di Dusun Salu Seba Kecamatan Masamba. Dari lahan tidur dan telantar, kini masyarakat mandiri pangan dengan produksi sekitar 4,9 ton/hektare.

“Saya ingin dengar kisah sukses dari masyarakat yang menolak bansos Rastra (beras sejahtera) karena sudah mandiri pangan sekaligus menjadi penyuplai beras bagi masyarakat di desa hingga kecamatan lainnya. Kalau Salu Seba bisa kita sulap dari penerima rastra menjadi swasembada pangan, kenapa tidak Mangkaluku yang sudah punya sejarah menjadi penyuplai,” harap Indah.

Merespon instruksi Bupati Indah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Alauddin Sukri menuturkan pihaknya akan melakukan upaya khusus untuk membasmi hama.

“Setelah diidentifikasi perlu ada upaya khusus, saya sudah koordinasi dengan BPP, PPL, dalam waktu dekat kita akan melakukan upaya pengendalian hama secara terpadu sebab kalau tidak diantisipsi dalam waktu dekat kemungkinan produksinya kecil termasuk identifikasi lahan telantar untuk dikelola kembali oleh masyarakat,” tutur Alauddin.

Melalui kegiatan ini, Bupati memberi bantuan berupa Al- Qur’an, buku tulis, bibit sayuran, kacamata baca, dan bantuan tunai untuk masyarakat pra sejahtera.

Hadir bersama Bupati, Kapolres Luwu Utara AKBP Boy FS Samola, Asisten Pemerintahan dan KESRA Jumal Lussa, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Misbah, Kadis PUPR Suaib Mansyur, Kadis Kominfo Arief R Palallo, Kadis Ketahanan Pangan Alauddin Sukri, Kadis Lingkungan Hidup Bambang Irawan, Kadis Pendidikan Jasrum, dan Kadis Perkimtan Syamsul Syair. (Hms)

Comments

Berikan Komentar Anda

To Top