Kesehatan

Survei Remedial Akreditasi RSUD Masamba Dimulai, Thahar: Upaya Tingkatkan Mutu Pelayanan

ONLINELUWURAYA.COM, MASAMBA — Wakil Bupati Luwu Utara, Muhammad Thahar Rum, secara resmi membuka kegiatan Survey Remedial Akreditasi SNARS Edisi I Rumah Sakit Umum (RSUD) Andi Djemma Masamba, sekaligus dimulainya kegiatan survei tersebut, Sabtu (29/6/2019).

Tim Surveyor Akreditasi yang dipimpin drg. Wahida ini disambut dengan Tarian Paduppa Bosara di Pelataran RSUD Andi Djemma.

Wabup Thahar dalam sambutannya menyebutkan, tujuan diadakannya Akreditasi di Rumah Sakit berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 12 Tahun 2012 tentang Akreditasi Rumah Sakit adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit, meningkatkan keselamatan pasien, meningkatkan perlindungan bagi pasien, masyarakat dan seluruh staf Lingkup Rumah Sakit itu sendiri.

“Rumah Sakit wajib melakukan akreditasi sebagai wujud dari upaya meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien secara berkala agar mendapatkan pengakuan yang diberikan pemerintah kepada rumah sakit,” kata Thahar. Akreditasi, kata Thahar, wajib dilakukan setiap 3 tahun sekali sebagai mana tercantum dalam UU Nomor 43 Tahun 2008 tentang Rumah Sakit.

Sementara itu, Ketua Tim Surveyor drg. Wahida dalam sambutan perkenalannya berharap survey akreditasi yang dilakukan di RSUD Andi Djemma Masamba ini bisa berjalan lancar. “Suka tidak suka, survey remedial akreditasi sudah menjadi kebutuhan,” tegas Wahida.

Ia juga tak lupa memberikan apresiasi kepada Pemda Lutra atas komitmennya mensupport peningkatan mutu pelayanan dan kesehatan pasien di Luwu Utara.

“Akreditasi itu kalau dilakukan setiap hari akan menjadi budaya dan jika dibudayakan, maka akreditasi itu menjadi mudah dan menyenangkan. Ini menjadi tantangan kita ke depan agar bisa menjadi lebih baik lagi,” terangnya. “Mudah-mudahan dalam survey ini RSUD bisa paripurna dan jika paripurna, saya menantang RSUD ini untuk maju ke internasional,” ujar Wahida menambahkan.

Sebelumnya, Direktur RSUD Andi Djemma, Hariadi, menyampaikan bahwa RSUD Andi Djemma Sudah mendapatkan penghargaan Bintang 4.

“Masih ada tahapan lagi menuju Bintang 5. Untuk itu, saya berharap dengan survey remedial ini, kita dapat status bintang 5,” harap Hariadi. Ia juga menyampaikan, untuk menjamin kualitas alat kesehatan di RSUD Andi Djemma, setiap tahun dilakukan kalibrasi alat kesehatan. (HMS)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top