Politik

Tim Juara Temukan 5730 DPS Bermasalah & Tuding KPU Palopo Lalai Gunakan Sidali

ONLINELUWURAYA.COM,PALOPO —Tim pemenangan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo, Judas Amir – Rahmat Masri Bandaso (Juara) menemukan ribuan daftar pemilih sementara (DPS) bermasalah.

DPS itu telah ditetapkan oleh KPU Palopo dalam rapat Pleno yang berjumlah 103.393. Perempuan 52.584 dan laki-laki 50. 809.

Juru Bicara Juara, Aztamanga Azis mengatakan, total DPS bermasalah adalah sebanyak
5.730.

Terdiri dari pemilih tanpa nomor nik 519, pemilih ganda dalam satu TPS 1480, pemilih ganda lintas TPS 1674 dan pemilih dengan nomor nik bermasalah 812 orang.

“Ini menandakan bahwa sistem pengelohaan data yang dilakukan oleh KPU Palopo tidak propesional. Kami menduga KPU akan melakukan mobilisasi pemilih yang tidak jelas sumbernya,” kata Astamanga Azis,Jumat (30/3/2018)malam

Dikatakannya, selain jumlah DPS yang bermasalah KPU Palopo juga diduga melakukan kesalahan lain yang dapat menciderai Pilkada.

Itu berupa KPU Palopo melakukan dua kali rapat Pleno dalam penetapan DPS. Pada Pleno pertama tanggal 15 Maret 2018 DPS yang ditetapkan adalah sebanyak 103.243, namun setelah di Plenokan ke KPU Provinsi DPS berubah menjadi 103. 393.

“Selain itu KPU Palopo telah lalai dalam menggunakan sistem informasi data pemilih (Sidali). Kalau Sidali dimanfaatkan dengan baik pasti hasilnya tidak seperti ini,” katanya.

Tim pemenangan Juara telah melaporkan ketidaksesuaikan tersebut ke Panwaslu Palopo, Bawaslu Sulsel, KPU Provinsi, DKPP dan Polres Palopo.(AH)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top