Ekonomi

Wagub Sulsel Resmikan Bank Wakaf Mikro Aisyiyah

ONLINELUWURAYA.COM, MAKASSAR — Wakil Gubermur Andi Sudirman Sulaiman bersama Otoritas Jasa Keuangan RI meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Ummul Mukminin Aisyiyah bertempat di Pesantren Putri Ummul Mukminin, Jumat (10/5/2019).

Program Bank Wakaf Mikro di Indonesia sendiri baru dimulai setahun belakangan. Namun, pertumbuhannya begitu pesat dan sudah direalisasikan di 41 pondok pesantren.

Melihat pengelolaan dalam Bank Wakaf Mikro tanpa bunga, maka perlu adanya manajemen pengelolaan yang baik. Dengan adanya Bank Wakaf Mikro, mampu menjadikan rumusan baru berbisnis akan semakin mudah.

“Muhammadiyah sangat luar biasa, akademisinya ada, bantuannya pas, dan lahan ada. Sehingga, bantuan program berjalan dan seperti jagung sudah dapat mengekspor. Struktur jaringan sangat rapi dan struktur”, kata Wagub Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya.

Terkait hal ini, Wagub Andi Sudirman Sulaiman mengaku Pemprov ke depan akan turut membantu sertifikasi UKM yang membutuhkan di Sulsel.

“Dengan sistem manajemen tata kelola yang matang secara bersama, sangat mudah dijalankan organisasi seperti Muhammadiyah yang satu ikatan dan punya tujuan kebaikan. Ke depan, Pemprov akan merumuskan dan membantu sertifikasi UKM yang tidak mampu di Wilayah Sulsel”, tambahnya.

Menurut Ketua Dewan komisioner OJK Wimboh Santoso Tujuan akhir dari BWM adalah manfaat, baik berupa perorangan maupun berupa badan pengelola dengan ketentuan bahwa hasil atau manfaatnya digunakan untuk hal-hal yang sesuai dengan syariat Islam.

“Bank Wakaf Mikro ini merupakan yang pertama di Sulawesi Selatan, Tugas OJK bukan hanya membantu fasilitasi kepada nasabah besar, tapi OJK akan fokus ke nasabah kecil. Bank dan Nasabah ini harus terus kita bina, dan dengan kepemimpinan Pemprov sekarang, Insyaallah Bank Wakaf akan terus diperhatikan”, ujar Wimboh Santoso.

Seperti diketahui sesuai hadits Rasulullah SAW yang mengatakan “Sesungguhnya Allah SWT tidak memandang kepada rupa kamu, juga tidak memandang kepada harta kamu, akan tetapi Allah SWT melihat kepada hati dan amalan kamu”. Program ini pun diharapkan membawa manfaat kepada sesama. (*)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top