Sulsel

Wawali Palopo Hadiri Rapat Pengendalian dan Evaluasi Program Pembangunan Sulsel

ONLINELUWURAYA.COM, MAKASSAR — Wali Kota Palopo melalui Wakil Wali Kota Palopo Rahmat Masri Bandaso (RMB) menghadiri Rapat Pengendalian dan Evaluasi Program dan Kegiatan Pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan APBN/PHLN, DAK, dan APBD, Provinsi Triwulan IV tahun TA.2018 di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulawesi Selatan Makassar, Rabu (6/2//2019).

Dalam kegiatan ini disampaikan pemaparan pagu realisasi belanja per kabupaten/kota se Sulawesi Selatan.

Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan, Jufri Rahman, memaparkan pula Kendala pelaksanaan belanja prioritas Nasional, yakni:

(PN Nomor 3 dan 4) Pembangunan jaringan irigasi terlambat antara lain disebabkan proses pembebasan lahan untuk biaya operasional pendukung baru disediakan dalam DIPA melalui revisi DIPA bulan November 2018 yang salah satunya untuk membayar biaya tim penilai (Appraisal).

(PN Nomor 6), pembangunan bandara baru buntu Kunik di Tanah Toraja terserap 91,5% namun pada akhir Desember terdapat garansi bank atas pembayaran yang harus di karena pekerjaan hanya selesai 12% dengan jumlah kontrak sekitar 100 miliar rupiah.

(PN Nomor 8) Pembangunan jalan Metropolitan Makassar dan pembangunan jalan dan jembatan Bypass Mamminasata terkendala proses pembebasan lahan yang tidak terselesaikan hingga akhir tahun nomor 13 pengadaan indukan pejantan sapi dan kerbau tidak terlaksana karena penyedia wanprestasi tidak mampu memenuhi kontrak sedangkan pengadaan kambing terlaksana sesuai kontrak.

(PN Nomor 19) Pembangunan pemipaan limbah kota Makassar zona zona barat laut terkendala lahan yang masih dalam proses sengketa di pengadilan (Masih proses di Mahkamah Agung).

Disampaikan pula kendala umum dalam pelaksanaan anggaran yaitu kategori SDM, kategori struktural dan kategori situasional.

Gubernur Sulawesi Selatan melalui Wagub Sulsel A.Amran Sulaiman, mengatakan supportnya pada kegiatan Rapat Pengendalian dan Evaluasi Program dan Kegiatan Pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan APBN/PHLN, DAK, dan APBD, Provinsi Triwulan IV tahun TA.2018.

Kegiatan ini diikuti oleh Bupati dan Wali Kota se Sulawesi Selatan atau yang mewakili. (Hms)

Comments

Berikan Komentar Anda

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top